Minggu, 28 April 2013

Komponen utama sistem informasi



Komponen utama sistem informasi
Blog masukan (input block) masukan adalah data yang di masukkan ke dalam sisteminformasi beserta metode dan media yang di gunakan untuk menangkap dan memasukkan data tersebut kedalam sistem. Masukan terdiri dari transaksi, permintaan, pertanyaan, perintah, dan pesan.
Blog model (model blog) terdiri dari logico methematical models yang mengolah masukan dan data yang di simpan dengan berbagai macam cara untuk memproduksi hasil yang di kehendaki atau keluaran.
Blog keluaran keluaran suatu sistem merupakan faktor utama yang menentukan blog-blog lain suatu sistem informasi. Jika keluaran suatu sistem informasi tidak sesuai dengan kebutuhan pemakai informasi, perancangan blog masukan, model,teknologi basis data dan pengendalian tidak ada manfaatnya, media yang dipakai untuk menyajikan keluaran sistem informasi berupa layar monitor, printer, audio.
Blog teknologi, teknologi ibarat sistem untuk menjalankan sistem informasi. Teknologi menagkap masukan, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mmenyimpan keluaran serta mengendalikan seluruh sistem.
Blog basis datamerupakan media untuk menyimpan data yang digunakan untuk melayani kebutuhan pemakai informasi, basis data secara fisik dapat berupa media menyimpan data seperti kartu buku besar, pita magnetik, disk, kaset, basis data secara fisik merupakan tempat sesungguhnya suatu data di simpan
Blog pengendalian, semua sistem informasi harus dilindungi dari bencana dan ancaman. Seperti bencana alam, kebakaran, kecurangan, kegagalan sistem, kesalahan, penggelapan, maka dari itu perushaan harus melakukan beberapa cara untuk menjamin perlindungan dan kelancaran sistem informasi diantaranya : penerapan prosedur seleksi karawan, penggunaan sistem pengolah catatan, pengendalian akuntansi pembuatan dokumentasi yang lengkap, dll.


DEFENISI FORMULIR
Folmulir adalah kertas yang diisi dengan informasi penjualan suatu barang, isi dari formulir yaitu informasi tanggal penjualan, nama perusahaan dengan kodenya, nomor urut, nama barang, harga barang,
Manfaat formulir
1.       Menetapkan tanggung jawab timbulnya transaksi bisnis perusahaan
Dalam formulir setiap orang bertanggung jawab dalam terjadinya transaksi, karena membutuhkan tandatangan atau paraf sebagai ukti pemakaian wewenag atas pelaksanaan transaksi yang terjadi
2.       Untuk merekam data transaksi bisnis perusahaan
Semu data penjualan yang di butuhkan perusahaan ada di dalam formulir,
3.       Untuk mengurangi kesalahan dengan cara menyatakan semua bentuk kejadian dalam bentuk tulisan  
Bisa saja terjadi kesalahan jika kita melakukan transaksi tanpa ada bukti tertulis, apalagi jika transaksinya banyak dan dengan biaya yang besar
4.       Untuk menyampaikan info pokok dari orang ke satu dengan orang lain dalam organisasi sama atau ke organisasi yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar